• Pilihlah penerbangan malam atau pagi hari, jadi anda enak ketika berangkat atau sampe di tujuan, selain bisa tidur di bandara anda tidak terkena macet
  • Datang lah tepat waktu ke bandara, anda tidak akan tahu kondisi di jalanan menuju bandara, mungkin bisa tiba-tiba macet……datang lebih awal lebih baik daripada telat datang di tinggal pesawat.
  • Siapkan dokumen perjalanan anda, tiket, boarding pass, itenerary, paspor dan kartu identitas, jika anda keluar negeri foto copy lah pasport dan tiket balik anda buat jaga-jaga kemungkinan hilang atau tercecer dan jangan lupa bawa alat tulis
  • Bawalah barang bawaan secukupnya, jangan terlalu banyak tentengan atau barang bawaan berkardus-kardus sehingga menggangu kenyamanan penumpang lain, bisa-bisa penumpang lain gak kebagian bagasi kabin karena barang yang anda bawa terlampau banyak, dan perhatikan ukuran bagasi kabin, dibeberapa maskapai international pemeriksaan bagasi kabin dilakukan secara ketat.
  • Saat di ruang tunggu penumpang anda bisa memanfaatkan waktu dengan membaca, ngobrol dengan penumpang lain atau sekedar main gadget atau browsing melalui laptop anda, jangan lupa anda siapkan makanan ringan (roti dan susu) buat jaga-jaga kalau pesawat yang anda naiki terlambat dan maskapai yang anda naiki tidak memberikan kompensasi makan atau minum, jadi anda sudah siap dengan bekal anda hehehehehe
  • Jika di bandara negara orang, anda bisa keliling bandara sekedar cuci mata atau belanja yang murah atau sekedar cari yang gratisan hahahaha……….ada bandara yang ngasih kopi gratis tiap pagi atau jasa pijat kursi gratis. Tergantung anda bisa menemukan tempat-tempat yang gratisan hehehehe
  • Ketika masuk pesawat pastikan anda mengetahui posisi duduk anda, jika no kursi anda baris ke 20 anda bisa masuk pesawat melalui pintu belakang. Baris kursi pesawat biasanya 30/31 baris untuk airbus atau boing 737, dan 40 baris type Boing ER, jadi jumlah barisnya anda bagi dua, lalu anda bisa tau lebih dekat lewat pintu mana anda masuk ke pesawat. Ini simple tapi penting sehingga antrian di dalem kabin bisa di kurangi dan pesawat cepat berangkat.

  • Patuhi semua intruksi keselamatan yang di berikan awak kabini nya. Dan biasakan untuk tidak membawa pulang barang-barang milik maskapai kecuali anda sudah bilang dan izin terlebih dahulu sama awak kabinya. Masa sih anda mau bawa pulang pelampung atau farfum yang ada di toilet hahahahaha
  • Saat duduk anda harus tau diri jika anda ingin menurunkan sandaran kursi, lihat belakang anda, apakah belakang anda sedang menggunakan meja makannya ? bisa-bisa tanpa lihat-lihat dulu anda turunkan sandara kursi anda ternyata orang di belakang anda sedang menggunakan meja nya untuk makan………kasihan kan karena ulah anda.
  • Buat yang membawa anak balita siapkan perlengkapan balita di bawah kursi anda, sehingga anda gak perlu naik turun buka bagasi kabin, yang akan menggangu penumpang lain.
  • Pilihlah posisi duduk dekat jendela atau kursi darurat, di samping dapat view bagus anda bisa leluasa duduk di depan pintu darurat, anda bisa meminta kursi nya pada saat anda check in.
  • Biasakan selalu mendahulukan penumpang berkursi roda atau penumpang lebih tua dari anda, dan selalu membantu orang disebelah anda jika mereka membutuhkan bantuan anda.
  • Selalu berdoa sebelum pesawat lepas landas dan biasakan kirim sms ke orang terdekat anda, menginformasikan kalau anda sedang naik pesawat maskapai A dengan no penerbangan XXX, sehingga jika terjadi hal-hal di luar dugaan anda, keluarga anda dengan cepat dan mudah mengetahui informasinya.